KAI Daop 9 Jember Operasikan KA Tambahan di Akhir Pekan - Jemberpedia Part Of Bagustv

Breaking

Post Top Ad

WWW.JEMBERPEDIA.ID

Post Top Ad

www.jemberpedia.id

Jumat, 12 Januari 2024

KAI Daop 9 Jember Operasikan KA Tambahan di Akhir Pekan

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Daerah Operasi 9 Jember mengoperasikan kereta tambahan relasi Ketapang-Jember (pp) setiap akhir pekan. Kereta tambahan itu untuk mengakomodasi pelanggan dari Banyuwangi yang akan menuju Jember ataupun sebaliknya dari Jember menuju Banyuwangi.


Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember Cahyo Widiantoro mengatakan selama masa Angkutan Nataru 2023/2024, kereta tambahan mengangkut total 1.184 pelanggan. Sebagian besar, kata Cahyo, adalah pelanggan dari Kereta Pandalungan yang ingin meneruskan perjalanannya menuju Banyuwangi.


"Kereta Api Tambahan tidak beroperasi setiap hari, tetapi akan dioperasionalkan setiap akhir pekan pada hari Jumat–Minggu di Bulan Januari 2024, yaitu pada tanggal 12-14,19-21 dan 26-28 Januari,” kata Cahyo dalam keterangan tertulis, Jumat, 12 Januari 2024.


Kereta tambahan tersebut akan diberangkatkan dari Stasiun Ketapang pukul 07.30 WIB dan tiba di Stasiun Jember pukul 09.55 WIB. Sedangkan berangkat dari Stasiun Jember pukul 12.35 WIB dan tiba di Stasiun Ketapang pukul 15.00 WIB. 


Kereta api ini akan berhenti di beberapa stasiun, di antaranya Stasiun Kalisat, Kalibaru, Kalisetail, Temuguruh, Rogojampi, dan Banyuwangi Kota.


Cahya mengatakan penumpang KA Pandanwangi relasi Jember-Banyuwangi selama tahun 2023 tercatat sebanyak  1.104.711 pelanggan, di mana pada akhir pekan banyak pelanggan tidak kebagian tiket karena kehabisan. 


Jumlah itu belum termasuk pelanggan pada relasi tersebut yang menggunakan kereta api jarak jauh, artinya bahwa mobilisasi masyarakat dari Jember menuju Banyuwangi atau sebaliknya cukup tinggi. "Harapannya dengan adanya kereta api tambahan ini, bisa mengakomodasi bagi pelanggan yang tidak kebagian tiket kereta api reguler tersebut,” ujarnya.


Cahyo menambahkan, kereta api tambahan beroperasi dengan dua kelas pelayanan, yaitu Eksekutif dan Ekonomi dengan total kapasitas 432 tempat duduk. Tarif tiket untuk kelas Eksekutif sebesar Rp 130 ribu , sedangkan kelas Ekonomi sebesar Rp 100 ribu.


“Pemesanan tiket Kereta Api Tambahan Jember-Ketapang sudah bisa dilakukan mulai sekarang, bagi masyarakat yang akan bepergian pada tanggal-tanggal tersebut bisa memanfaatkan Kereta Api Tambahan ini selagi tiket masih tersedia,” tambahnya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

www.jemberpedia.id